Harga Buah Salak di Tingkat Petani Anjlok
Maret 2010

* Ekonomi
* Pikiran Rakyat

Garung Lor, (PR).-

Hasil produksi pertanian berupa buah salak di wilayah Kec. Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, saat ini cukup melimpah, tetapi harga jualnya tidak sebanding dengan biaya produksi selama ini."Harga salak dari petani ke bandar dulu mencapai Rp 6500/kg, sekarang paling tinggi Rp 4000/kg, sementara hasil panennya relatif sedikit sehingga petani salak banyak yang terpuruk," ujar PUJI R (60), petani salak di Kampung Garung Cangak, Desa Garung Lor, Kecamatan Sukoharjo.

Sehingga tidak heran, katanya, saat ini warga yang bertani salak mengeluh kurang menguntungkan. Namun,Puji bertahan terus melakukannya karena tidak ada lagi pekerjaan lain yang melebihi hasilnya.



Harga pembelian dari petani Rp 4000/kg, kecuali kalau musim kemarau, ujar pembeli, harganya bisa mencapai Rp 7.000/kg karena produksi buah salaknya jarang, bahkan tidak ada sama sekali. "Salak yang dibeli ini dijual lagi ke Bandung dan Jakarta," katanya. (A-14)"
Diposting oleh Elang Abd...

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates