Pelangi indah karena terdiri dari beraneka ragam warna yg tergabung dalam satu kesatuan. Andai pelangi hanya terdiri dari warna merah saja, atau biru saja, tentu hal ini akan dapat mengurangi keindahan yg ada.

Simpulnya...pelangi menjadi sesuatu yg indah dan menawan karena warna-warna berbeda yg ada didalamnya saling melekat dan mengikat, tidak tercerai berai dan terpisah-pisah. Walaupun masing-masing warna memiliki sifat sendiri-sendiri dan adapula yg bertolak belakang.

Sungguh indahnya jika filosofi pelangi ini juga dapat menjadi dasar pikiran kita di dalam menyikapi dan menanggapi akan banyaknya perbedaan antar muslim dalam mejalankan dan mengabdikan dirinya kepada Islam. Sehingga manakala perbedaan yg ada tergabung dalam suatu ikatan ukhuwah islamiyah yg erat, maka islam akan menjadi indah, berwibawa, dan kuat bagaikan pelangi yang merona-rona di angkasa.

Rasulullah bersabda :

"muslim yang satu dengan yg lainnya adalah saudara, bagaikan satu jasad (tubuh)"

Jika sesama muslim bersaudara, pantaskah seorang saudara menghina saudara yg lainnya, pantaskah jika seorang saudara menyesatkan saudara yg lainnya hanya karena lantaran khilaf dalam beramal ???
bukankah disaat kita menyalahkan dan meremehkan muslim yg lainnya, hal ini menjadi pertanda bahwa dalam diri kita terdapat perasaan merasa paling benar dan kesombongan ???

Rasulullah bersabda :

"tidak akan masuk surga orang yg dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar biji sawi"

Sombong dalam amal duniawi saja kita terancam untuk tidak dapat menikmati surga. Lalu bagaimanakah jika sombong dalam amal ibadah dan akhirat ???

sang bijak berkata :

"terlalu sering kita mencela orang lain, maka akan semakin sedikit kita mau berintrospeksi dan bermuhasabah akan kekurangan diri kita sendiri."

Semoga coretan ini ada manfaatnya buat kita semua. Sehingga kita bisa menjadi muslim yg berpikiran bijak dan tidak kaku di dalam menyikapi perbedaan yg ada. Sehingga persatuan dan kesatuan kita sebagai umat Islam dan warga negara Indonesia, akan semakin kuat dari waktu ke waktu, dan dari masa ke masa, amin. Wallahu a'lam. . .

salam silaturahmi dan ukhuwah
al faqiroh shofa lintang palupi
Diposting oleh Elang Abd...

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates